Mengenal Lebih Jauh Mengenai Beberapa Kelebihan Dari Kuliah Online


Sekarang sudah banyak universitas yang membuka kuliah online. Meskipun awalnya lebih banyak untuk karyawan yang mau mengambil gelar tambahan (seperti S2 dan S3), sebenarnya siapa pun yang ingin mengikutinya juga bisa. Tentu saja, selama Anda memiliki koneksi internet yang bagus dan kemauan untuk belajar aktif sendiri.

Jadi, seperti apa kelebihan kuliah online? Mungkin banyak yang mengkhawatirkan kualitas dari kuliah dengan cara ini. Selain khawatir mahasiswa akan punya mental pencontek dan pembolos, masalah koneksi internet juga menjadi pertimbangan. Padahal, terdapat beberapa kelebihan dari kuliah online tersebut, diantaranya adalah :

  • Mahasiswa bisa mengikuti kuliah dari mana pun dan kapan pun

Salah satu kendala yang sering dihadapi oleh kuliah reguler adalah biaya dan waktu perjalanan. Apalagi, bila mahasiswa kebetulan memiliki kebutuhan khusus yang agak mempersulit mereka dalam bepergian. Dengan kuliah online, mereka bisa belajar langsung dari rumah.

Mahasiswa yang berasal dari luar kota juga tidak perlu jauh-jauh datang dan bahkan tinggal di rumah kosan. Hemat waktu, hemat biaya.

  • Biaya kuliah juga dapat diminimalkan

Menurut Menristekdikti (Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi) Mohammad Nasir, kuliah online dapat menekan biaya hingga 50 persen. Hal ini karena mahasiswa tidak perlu mengeluarkan ongkos untuk datang ke kampus. Bahkan, kampus sendiri juga bisa menghemat biaya sewa pemakaian gedung.

Bila mahasiswa berasal dari luar kota, kuliah dengan cara ini juga dapat menghemat biaya tinggal di rumah kos atau kontrakan. Mereka masih bisa kuliah dari rumah tanpa harus datang jauh-jauh ke kampus.

  • Membantu mahasiswa yang juga harus bekerja paruh-waktu

Ada mahasiswa yang kurang beruntung, baik dari segi penerimaan beasiswa hingga finansial. Mereka harus langsung mencari kerja setelah lulus SMA, yang belum tentu seideal pekerjaan yang diterima oleh lulusan kuliah. Agar tidak tertinggal, mereka dapat kuliah online sambil bekerja paruh-waktu.

Tidak hanya mereka yang bekerja paruh-waktu, mahasiswa yang bekerja lepasan (freelance) juga bisa mengikuti kuliah online. Jadi, ini tidak hanya untuk karyawan kantoran biasa.

  • Melatih mahasiswa agar lebih mandiri dalam mengikuti mata kuliah online

Banyak yang masih salah kaprah soal kuliah online. Meskipun tidak bertemu muka, kedisiplinan mahasiswa tetap diperlukan bila ingin cepat lulus. Memang, bila rasa malas melanda, ada godaan untuk membolos dan enggan mengerjakan tugas seperti halnya kuliah reguler.

Padahal, kuliah online justru tetap punya jadwal dan tenggat waktu pengumpulan tugas. Ini juga adalah saat yang bagus untuk membuktikan kemandirian mahasiswa. Tanpa harus ada yang mengawasi, Anda bisa belajar mengatur jadwal sendiri.

  • Mahasiswa dapat sekaligus belajar tentang Teknologi dan Informasi

Dengan mengikuti kuliah online, mahasiswa juga harus belajar tentang teknologi dan informasi. Meskipun tidak perlu sampai ahli, setidaknya ada beberapa hal yang dapat mereka ketahui mengenai hal tersebut. Hal ini karena mereka juga harus familiar dengan sistem online dan software yang harus digunakan.

Dengan mengikuti kuliah cara ini, mereka mendapatkan dua keuntungan tambahan, yaitu: dapat mempelajari ilmu yang mereka cari sekaligus praktik menggunakan teknologi.

Lalu, bagaimana dengan minimnya interaksi langsung, baik dengan dosen maupun mahasiswa-mahasiswa lain? Sebenarnya, ini tidak perlu menjadi masalah. Anda tinggal mengatur grup diskusi online sendiri atau jadwal pertemuan offline, bila interaksi online dirasakan kurang cukup. Bangunlah jaringan akademis sendiri.

Jadi, kenapa masih ragu untuk mengikuti kuliah online? Justru di era digital ini, kuliah dengan cara ini dapat membuat belajar lebih efektif. Anda juga bisa tetap produktif di tempat kerja, selama masih bisa membagi waktu dengan baik.
https://www.gurupendidikan.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *